Senin, 09 Mei 2011

Pemilukada Bombana ,Saling Klaim Menang

Senin, 09 Mei 2011 , 15:58:00

Pemilukada Bombana Saling Klaim Menang


RUMBIA - Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bombana putaran kedua tuntas digelar. Dari dua pasangan yang berlaga masing-masing Tafdil-Masyhura dan Subhan Tambera-Aziz Baking saling klaim memenangkan pertarungan tersebut dengan hitung-hitungan masing-masing. Versi Jaringan Survey Indonesia (JSI), Tafdil menang 53 persen. Sementara pasangan Subhan Tambera yang melakukan real qount Scirpt Survey Indonesia (SSI), meski tidak menyebut angka pasti, tapi lembaga ini mengatakan potensi Subhan menang masih sangat terbuka.

Versi SSI, data yang mereka peroleh dari 310 TPS, pasangan Subhan Tambera-Azis Baking menang telak di dua Dapil yakni Kabaena dan Rumbia. "Tapi itu baru hitungan kami sekitar 70 persern suara yang masuk sampai jam 18.00 Wita ini (kemarin). Sementara Dapil Poleang, sudah banyak juga data yang masuk, dan SERASI bisa bersaing," kata Wawan, koordinator real qount SSI, Minggu (8/5).

Makanya, lanjut Wawan, hingga saat ini belum ada pihak yang bisa mengklaim menang karena data masih sementara berjalan. Tapi Wawan menekankan bahwa potensi Subhan Tambera memenangkan Pilkada masih sangat besar karena masih ada sejumlah TPS yang menjadi basis massa Subhan, data pemilihannya belum masuk. "Kalau sudah masuk 90-95 persen, baru kami bisa menentukan pemenanganya," kata Wawan.

Dari data 70 persen suara tersebut, lanjut Wawan, Subhan Tambera menang 51 persen. Tapi angka tersebut masih terus berfluktuasi karena data-data dari berbagai TPS di seluruh Bombana belum semuanya terinput. "Yang lebih benar tentu saja KPU. Jadi mari sama-sama tunggu KPU saja. Kami hanya menjalankan perhitungan sesuai data yang diperoleh teman-teman di setiap TPS," kata Wawan.

Sementara itu, Subhan Tambera yang ditemui di posko pemenangannya kemarin juga mengatakan hal yang sama. Ia mengaku optimis bisa memenangkan pertarungan Pilkada tersebut karena perhitungan manual yang dilakukannya masih memberikan gambaran menggembirakan. "Saya kira anda lihat sendiri, bahwa suara kami juga terus naik. Saya kira, tidask salah kalau saya juga mengklaim menang," kata Subhan.

Mantan Wakil Bupati Bombana ini menekankan bahwa klaim pihak lain adalah hak masing-masing pihak tapi yang akan menentukan nanti adalah hasil manual di KPU. Yang ia yakini adalah, siapapun yang menang di Pilkada tersebut, angkanya pastilah sangat ketat dan tidak ada yang mendominasi. Kemenangannya di dua Dapil yakni Kabaena dan Rumbia menjadi titik kunci kepercayaannya bahwa potensinya menang secara kumulatif masih sangat terbuka.

"Saya sudah himbau kepada seluruh pendukung dan simpatisan saya untuk tetap menahan diri. Jangan terprovokasi dengan informasi yang tidak akurat dari berbagai pihak. Saya juga bisa koq kalau hanya konvoi tapi saya memilih menahan diri dan menunggu hasil manual dari KPU. Tapi kalau bicara yakin, berdasarkan suara yang masuk sekarang, saya optimis menang," katanya, yang disambut teriakan semangat dari ratusan simpatisannya.

Menang di TPS Sendiri

Subhan Tambera bersama istrinya, Asmirati dan putri sulungnya, pagi kemarin pagi menggunakan hak pilihnya di TPS 1 Watungkalangkari, Kecamatan Rarowatu. Di TPS ini ada 273 wajib pilih. Di TPS ini, Subhan menang dengan 190 suara sementara lawannya pasangan Tafdil-Masyhura hanya mendapatkan 39 suara.

Usai menyalurkan hak suaranya, Subhan mengatakan bahwa sejauh ini ia melihat partisipasi pemilih sangat tinggi dan itu menunjukan bahwa kerinduan masyarakat Bombana akan kehadiran bupati definitif sangatlah tinggi. "Saya kira ini bagus, semoga bisa memberi manfaat bagi Bombana ke depan," katanya.

Sementara itu, Tafdil sendiri menyalurkan hak suaranya di TPS 2 Boepinang, Kecamatan Poleang. Di TPS ini ada 233 wajib pilih. Sayangnya, sampai berita ini ditulis, tidak diperoleh informasi soal data suara di TPS ini. H Tafdil yang dihubungi Kendari Pos lewat telepon selulernya, termasuk hendak mengkonfirmasi soal kabar kemenangannya, tak diangkat.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan pasangan Tamasya, Sukarman AK yang kemarin juga hadir di Bombana mengatakan, kemenangan pasangan Tamasya bukan kemenangan Tafdil dan Mashyura tapi juga kemenangan seluruh rakyat Bombana yang sudah lama menunggu bupati definitif yang bisa membangun Bombana. Sukarman juga menekankan agar seluruh tim-tim pemenangan Tamasya di lapangan untuk sesegera mungkin merapikan semua dokumen Pemilihan dan mengawalnya agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan Tamasya.

Langsung Konvoi

Berita kemenangan Tafdil-Mashyura sudah beredar di Kasipute, Ibu Kota Bombana sekitar pukul 16.00 Wita kemarin. SMS yang menyebut bersumber JSI sudah beredar dengan klaim 53 persen untuk Tafdil-Masyhura (Tamasya). Berita yang kemudian menjadi kasak-kusuk itu tiba-tiba "pecah" saat sekelompok massa dengan membawa bendera PAN melakukan pawai keliling kota Kasipute.

Konvoi tersebut bahkan melintas di depan Posko Pemenangan Subhan Tambera sehingga memancing reaksi luar biasa dari pendukung Subhan. Sempat terjadi ketegangan karena beberapa pendukung Subhan melakukan pengejaran tapi dihalangi oleh pendukung Subhan yang lainnya. (nur/abi/awa/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar