Sabtu, 23 April 2011

Korelasi Pemilukada Tangsel dengan Banten 2011

Korelasi Pemilukada Tangsel dengan Banten 2011
09 Oct 2010

* Berita Kota
* Politik

Pemilihan umum Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang pertama tinggal sebulan lagi. Masyarakat Tangerang secara umum baik kabupaten maupun kota terfokus pada pilkada ini.

Faktor perhatian yang begitu terlihat, selain mungkin karena Tangsel adalah "sibung-su" dari Tangerang, juga disebabkan karena dalam pemilukada Kota Tangsel ada calon kuat yang masih keluarga besar Kelompok Rawu yaitu Airin Rahmi Diany. Selama ini Kelompok Rawu/Ciomas dikenal kelompok yang sangat berperan besar di Banten.

Kelompok ini dikomandani oleh Sang Ayah dari Gubernur Banten, Tb Hasan Sochieb. Airin Rahmi adalah anak menantu dari Sang Pemimpin Rawu, adik tiri Ratu Atut Chosiah. Setelah kekalahanya dalam pencalonan Wakil Bupati Tangerang, kini ia maju mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Tangsel.

Basis segalanya

Lalu apa korelasinya dengan politik masa depan Banten ? Seperti diketahui bahwa kelompok Rawu saat ini sudah menancapkan beberapa kader utamanya pada jabatankekuasaan dan partai serta organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di Banten serta di dewan seperti dikutip bantenpost.com.

Selain Ratu Atut, Gubernur Banten, Sang adik Tb Khorul Zaman adalah Wakil Wali Kota Serang, Tatu Khasanah pun sang adik gubernur adalah Wakil Bupati Serang, Airin Rahmi adalah calon Wali Kota Tangsel terkuat saat ini.

Banyak pihak menilai jika dalam Pemilukada Kota Tangerang Selatan 13 November mendatang dimenangkan oleh Airin Rahmi Dy ani, maka dipastikan kekua-saan Kelompok Rawu menjadi sempurna karena jantungnya Banten (Tangerang) sebagian sudah di "rambah".

Sebaliknya, bila Airin Rahmi mengalami kekalahan, maka Kelompok Rawu sulit untuk menguasai Banten secara keseluruhan. Karena bagaimanapun juga, Tangerang (3 daerah) merupakan basis segalanya baik sumber pendapatan Banten (PAD) maupun penduduk. Itu, artinya Pemilukada Banten tahun 2011 juga sangat dipengaruhi oleh kemenangan Kelompok Rawu dalam Pemilukada Kota Tangerang Selatan yang tinggal sebulan lagi digelar, yy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar